BeritaKesehatan

Sidak Puskesmas Nagasari, Ketua DPRD Karawang Soroti Bangunan Tak Layak

×

Sidak Puskesmas Nagasari, Ketua DPRD Karawang Soroti Bangunan Tak Layak

Sebarkan artikel ini

KARAWANG, Editorial.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Karawang, H. Endang Sodikin, S.Pd.i, S.H., M.H menyoroti kondisi Puskesmas Nagasari yang dinilai tidak representatif untuk melayani publik.

Hal ini terungkap setelah ia melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi, guna memastikan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Karawang. Selasa (9/9/2025).

Dalam sidaknya, H. Endang Sodikin menemukan sejumlah masalah krusial pada bangunan Puskesmas Nagasari.

“Kondisi bangunan saat ini sangat memprihatinkan. Area parkir motor yang sempit dan sering tertabrak mobil yang melintas. Selain itu, ruangan di dalam puskesmas juga sempit, ruang tunggu pasien terbatas, tidak ada ruang rapat yang memadai, dan atapnya sering bocor saat hujan,” ungkapnya.

Menurutnya, kondisi ini tidak hanya mengganggu kenyamanan, tetapi juga bisa menghambat pelayanan yang optimal. Oleh karena itu, ia akan segera mengambil langkah konkret.

“Kami akan langsung berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Karawang. Kami akan menindaklanjuti hasil sidak ini untuk melakukan evaluasi dan perencanaan pembangunan ulang,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia merekomendasikan agar Puskesmas Nagasari direlokasi ke tempat yang lebih layak.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Roy, Kepala Kelurahan Adiarsa Barat untuk meninjau lahan yang bisa digunakan relokasi. Tujuan utama kami adalah memastikan masyarakat Karawang mendapatkan layanan kesehatan yang terbaik di fasilitas yang aman dan nyaman,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas, dr. Nurheli Kusnadi menyampaikan kunjungan ini merupakan tindak lanjut atas keluhan yang telah disampaikan terkait kondisi gedung puskesmas yang kurang layak.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Bapak Ketua DPRD. Sudah lama kami mengeluhkan kondisi bangunan ini yang kurang representatif,” ujar dr. Nurheli.

Ia menjelaskan, berbagai masalah telah menjadi kendala sehari-hari dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

“Atap sering bocor, ruang tunggu pasien sangat sempit, dan kami tidak memiliki lahan parkir yang memadai. Ini sangat membahayakan keselamatan pasien dan staf, karena kendaraan sering bersenggolan dengan mobil yang melintas,” tambahnya.

Dr. Nurheli berharap kunjungan langsung ini dapat menjadi langkah awal untuk perbaikan dan peningkatan fasilitas di Puskesmas Nagasari, demi pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi seluruh warga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *